MENJADI PENGAWAS SEKOLAH YANG BAIK

Perkembangan dan tuntutan zaman bagi pengawas sekolah tahun demi tahun mengalami perbaikan. Sehingga antara generasi kepengawasan sekolah memang tidak perlu dipertentangkan apalagi dibanding-bandingkan, sebab tuntutannya juga sudah berbeda.

Keinginan setiap orang yang pasti adalah semakin baiknya kualitas hasil belajar karena setiap murid sekolah semakin hari semakin cerdas, ulet, tangguh dan pintar, dan tentunya memiliki budi-pekerti yang patut dipuji. Karena memiliki guru yang berwawasan luas selalu hadir di ruang kelasnya saat jadual pembelajaran berlangsung dalam keadaan kuat dan sehat lahir dan batin.Kelompok Kerja Pengawas Sekolah Barito Timur

Untuk itu semua diperlukan pengawas sekolah yang mampu bekerjasama dengan kepala sekolah, guru, siswa dan warga masyarakat pendidikan lainnya. Sebab sorang pengawas sekolah diharapkan memiliki kualifikasi pendidikan minimum magister (S2) kependidikan; yang tentunya sang pengawas sekolah juga sudah berbasis sarjana (S1) dari mata pelajaran yang pernah diampunya dan tentunya dari perguruan tinggi yang tidak diragukan akreditasinya.

Sebagai seorang pengawas sekolah harus mampu meningkatkan kompetensinya yang terdiri dari kompetensi kepribadian, kompetensi supervisi manajerial, kompetensi supervisi akademik, kompetensi evaluasi pendidikan, kompetensi penelitian pengambangan dan kompetensi sosial. Semuanya harus diperjuangkan dan dimantapkan oleh sang pengawas sekolah melalui kinerja yang terukur dan dapat dilihat hasil kerjanya. Dan yang pasti memerlukan dukungan semua pihak dalam mengejawantahkan kerangka acuan pelaksanaan tugas pengawas sekolah.

Kerberhasilan dimaksud diantaranya adalah berhasilnya siswa mengukir prestasi terbaiknya pada saat menjalani berbagai bentuk evaluasi hasil belajar yang dijalaninya. Dan tentunya itu disebabkan adanya guru yang kuat, sehat lahir dan batin serta berkualitas sehingga mampu melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Karena dukungan kepala sekolah yang punya potensi sangat mengagumkan dalam mengayomi masyarakat sekolahnya yang beraneka ragam.

Tahun demi tahun akan terus berjalan mengevaluasi perkembangan pendidikan kita yang semakin hari dituntut eksistensinya. Dan semua orang boleh berkata banyak tentang pendidikan yang semakin hari akan mengalami perobahan yang luar biasa. Sementara yang tercecer adalah  mereka yang kurang semangat perubahannya untuk pembaharuan kualitas hidup yang lebih baik. Dan kita cenderung menudingnya sebagai korban dari virus kemiskinan dan kemalasan, yang perlu secara bersama-sama kita memerangi dan menghancurkan secara tuntas.

About these ads

20 Balasan ke MENJADI PENGAWAS SEKOLAH YANG BAIK

  1. bayu putra mengatakan:

    salam kenal pak….

  2. LISTIN nGANTUNG mengatakan:

    Semoga Pengawas Sekolah semakin Bertambah usia maka semakin arif dan bijaksana, terutama tidak semakin m alas membaca. SEMOGA PEMGAWAS SEKOLAH SUKSES dengan VISI da MISI nya.

  3. alhadad mengatakan:

    mantap pak,,, jaga semangat anda,,, tetap berjuang pak lah,,, dari Alhadad bekas murid bapak SMP di Tamiang dulu,,, salam blogger pak,, kalo ada waktu tolong kunjungi balik blog saya,,, terima kasih

  4. akhta mengatakan:

    Saya setuju dengan kualifikasi pengawas yang harus memiliki ijazah S2. Pengawas harus dapat memberikan arahan menuju kebaikan. Semoga ada perbaikan kualitas pendidikan di Barito Timur.

    • bernardsalassa mengatakan:

      Akhata Yth,
      Teruuuus untuk berkarya lebih baik….
      Moga kelak dapat menjadi Pengawas Sekolah yang bagus
      Tabe & Terima kasih

  5. PakOsu mengatakan:

    Betul, masa yang diawasi lebih pintar dari yang ngawasi.
    Salam

    • bernardsalassa mengatakan:

      PakOSU, kita perlu berjuang bersama untuk dapat melahirkan yang baik…… moga harapan kita bisa jadi kenyataan.
      Dan dunia pendidikan akan semakin cerah jika semua lembaga di negeri ini mendukungnya……..
      Sala & Terima kasih

  6. budies mengatakan:

    seandainya ada dua, tiga empat atau banayk pengawas seperti bapak, pendidikan di bartim akan cepat sejajar dengan sekolah-sekolah maju.
    saya setuju pak kalau s2-nya untuk meningkatkan kompetensi, bukan sekedar kualifikasi di perguruan tinggi yang akreditasnya masih diragukan

    • bernardsalassa mengatakan:

      Patah tumbuh, hilang berganti
      Kita semua harus yakin bahwa yang terbaik pasti hadir
      Dan kita bersama harus memperjuangkannya
      Sampai jumpa & Tabe

  7. tumpuknatat mengatakan:

    om…mun hamen lebih maeh tampilan blogni, tau aku ngarawah meng-setting nih….

  8. bayuputra mengatakan:

    Selamat malam pak …. salam Merdeka …
    bertepatan di HUT Republik Indonesia yang ke 65 Tahun.

    • bernardsalassa mengatakan:

      Terima kasih Mas Bayu & Mas Budi untuk DOAnya bagi kita bersama; dan komunitas yang baik memang perlu terus dibangun bersama-sama. Karena Janah memang kreatif…….. semoga sukses selalu

  9. budiesinfo mengatakan:

    Kami dari Ampah sedang membangun sebuah komunitas untuk belajar menulis, kami beri nama Komunitas JANAH (Jurnalis Anak Ampah)

  10. PM Jesse mengatakan:

    Salam kenal Pak Bernard,

    Pekerjaan seorang pengawas sekolah (PS) bukanlah pekerjaan yang mudah dan ringan tapi merupakan suatu tanggungjawab yang besar untuk kemajuan bidang pendidikan sehingga terciptanya SDM yang berkualitas dan qualified, oleh sebab itu PS dituntut untuk mampu bekerjasama dengan baik dengan kepala sekolah, guru, siswa dan warga masyarakat pendidikan lainnya

    Untuk menciptakan SDM yang berkualitas yang mampu dan siap menghadapi perkembangan jaman, harus dimulai dengan membangun diri kita, dengan memiliki :
    1. Karakter (Character Building)
    2. Komitmen
    3. Kompetensi

    Pa Bernard, mungkin perlu di cek dan re-cek apakah Aparat2 Pemda dan tenaga2 pendidik sudah mengadopsi tiga hal tsb, dan apakah sudah menerapkannya dalam dunia pendidikan, untuk mempersiapkan generasi yang siap untuk memajukan BARTIM.

    Maju terus Pa Bernard, sukses selalu !!

    God Bless U and BARTIM.

    PmJesse
    Jakarta

  11. hendra mekeng mengatakan:

    pak Bernard,
    terus maju pak utk meningkatkan SDM bartim yang berkualitas…

  12. lie mengatakan:

    PENGAWAS SEKOLAH…..,lembaga ini mempunyai peran yang penting terhadap peningkatan mutu pendidikan, semoga BARTIM memiliki banyak aset PS yang berkompetensi seperti Bapak.

  13. Ari Restani mengatakan:

    amah q (Gante Nyaben) pengawas sekolah yg baik sah???..ehehe

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: