Pengawasan Sekolah

Masih baru serasa menjadi Pengawas Sekolah selama enam tahun dan harus mengunjungi berbagai sekolahan untuk menilai dari dekat kinerja para penyelenggaranya. Untuk dapat memberikan pembinaan secara berkesinambungan supaya menjadi lebih baik. Semasa saya menjadi guru selama lebih dari tiga puluh tahunan, masih boleh dihitung dengan jari tangan kanan ada berapa Pengawas Sekolah yang datang mengunjungi saya ke kelas atau ke ruang kerja. Atau selama delapan belas tahun menjadi Kepala Sekolah juga boleh dihitung dengan jumlah jari ditangan kiri berapa kali ya Pengawas Sekolah bertandang ?  Dan sekarang ketika saya harus menjadi Pengawas Sekolah sangat terasa banyak kali sudah bertandang ke Kepala Sekolah [Khusus Binaan] melihat pertumbuhan dan kemajuan serta kinerjanya yang masih sarat dan berat untuk menjadi lebih baik, walaupun upaya ke arah sana selalu diperjuangkan. Banyak kendala yang yang menghambat dan menyumbat kretivitas pimpinan sekolah, tetapi lebih banyak lagi terasa hentakan dari dalam yang ikut punya andil memperlambat laju kemajuan yang ingin dilintasi. Tetapi kendala utamanya karena masih banyak para petinggi yang belum mempelajari tentang 8 Standar Nasional Pendidikan yang harus menjadi tolok ukur standar untuk setiap kemajuan yang ingin dicapai. Nah standar ini yang betul-betul harus distandarkan terlebih dahulu, baru yang lainnya akan mudah bergulir.

Gurunya bagaimana ? Kalau yang menjadi tolok ukurnya pribadi saya sebagai guru dimasa lalu, tentu keadaannya seperti tidak terlalu jauh berbeda tetapi kalau soal semangat atau powernya dalam melaksanakan tugas jelas yang lalu jauh lebih baik. Tetapi karena standar yang beda, jadi sangat terasa kekurangan dan kemerosotan dalam proses pembelajaran di kelas, walaupun masih bisa ditutupi dengan pengelolaan administrasi yang kelihatannya agar bagus walaupun ya… mengadopsi dari berbagai sumber yang tidak setara dengan tempat tugasnya.

Tetapi ada banyak guru yang gigih luar-biasa dan selalu memperbaharui kerangka kerjanya dengan menampilkan proforma baru pembelajaran yang mengagumkan, dan masih mau berlelah mengelola kelas dengan pembelajaran yang menyenangkan. Tetapi bila dibanding dengan banyaknya jumlah guru, tentunya kelopok yang militan ini belum terlalu banyak. Sementara yang sangat diperlukan adalah, pertumbuhan kelompok baru ini mampu menggerakkan guru-guru yang lain untuk menjadi lebih baik lagi. Dan itu semua memerlukan waktu, tenaga dan dana yang tidak murah. Karena semuanya perlu subsidi yang layak untuk dapat menimba kemajuan yang diharapkan.

Ada kata kunci yang perlu ditawarkan kepada semua pihak yang tertibat dalam dunia kependidikan, untuk dapat terus meramu kinerja menjadi lebih baik, yaitu: Kemauan untuk memperbaharui diri menjadi lebih baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan tugas dan kinerja serta penilaian terhadap siswa maupun aparat lainnya. Semoga dengan demikian kemajuan yang menjadi harapan dapat segera kita capai bersama.

4 Balasan ke Pengawasan Sekolah

  1. budisan68 mengatakan:

    pak, sebaiknya Dinas adakan pelatihan internet
    agar banyak guru yang menggunakan internet untuk menambah pengetahuan.
    Padahal kalau dinas punya blog sendiri, wah enak mungkin ya. kalau mau usul-usul apa gitu.

  2. Akhta mengatakan:

    Begitu dong pak, pengawas harusnya action lapangan! Kan demi peserta didik generasi bangsa. By the way, yang ngawasi pesantren siapa ya pak??

  3. di2kariadi mengatakan:

    “Kemauan untuk memperbaharui diri menjadi lebih baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan tugas dan kinerja serta penilaian terhadap siswa maupun aparat lainnya.”…. hmmmmm…. semoga ini bukan hanya slogan aja pak…perlu kita perhatikan betul2 setiap aspek pendidikan terutama di Bartim…. kalau kita mengharapkan dari ‘atas” saat ini.. hhhhhh… kemajuan akan merangkak lambat…. mesti dari “bawah”… dengan semangat dan keingina serta tanggungjawab ……….”mungkin”…….LANJUT PAK>>>>>>>>>>>

  4. erikowira mengatakan:

    Pak..Pengawas sekolah,Kepala Sekolah dan Guru sebaiknya diberi aksi motivasi yang rutin.Seperti yang pernah dilakukan Dinas Pendidikan Nasional Barito Timur,dengan harapan semangat kerja dari 3 komponen penting pendidik ini dapat terjaga dan selalu mantap melaksanakan tugsnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: