GURU BERMUTU BERSAMA MGMP

Ada keinginan untuk meningkatkan profesional GURU melalui optimalisasi peran dan aktivitas MGMP [Musyawarah Guru Mata Pelajaran] dan ini mulai digulirkan dalam program Better Education through Reformed Management Universal Teacher Upgriding  (kalau mau disingkat menjadi: BERMUTU) oleh Departemen Pendidikan Nasional  dengan melibatkan PMPTK (Bindiklat & Profesi), DIKTI (Ketenagaan), Pemerintah Daerah/Dinas Pendidikan, P4TK, LPMP, LPTK, Kelompok Kerja (Guru, Kepala Sekolah & Pengawas), JARDIKNAS (Putekkom) dan Balitbang (Puspendik).

Dan sekarang yang diharapkan adalah kesungguhan dan tekad untuk berani memperbaiki dan memperbaharui diri bagi setiap guru serta punya kemauan untuk bergabung dalam MGMP. Dan ikut serta mereformasi organisasi ini menjadi bentuk yang padu dan padan dengan tuntutan pembelajaran masa kini. Sehingga dalam MGMP, guru dapat memperluas wawasan dan pengetahuan dalam berbagai hal khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, memaksimalkan pemakaian sarana/prtasarana belajar dan memanfaatkan sumber belajar. Berbagi pengalaman juga akan menghantar guru menjadi lebih percaya diri dan merasa mendapat bantuan dan umpan balik dalam proses pembelajaran. Dan semua aktivitas dalam MGMP akan menghantar guru lebih berpengetahuan dan lebih terampil dalam langkah pembaharuan pembelajaran yang menyenangkan dan bermartabat. Dengan demikian akan memperindah budaya kerja guru menjadi lebih bergairah dalam mengajar dan tentunya kinerja guru akan semakin baik yang tentunya akan menuntun siswa menjadi lebih punya semangat dalam belajar dan tentunya prestasi dan hasil belajar peserta didik akan lebih jelas dan transparan.

Sekarang bagaimana kita harus berkegiatan bersama, agar guru tidak lagi terpinggirkan, bagaimana kita yang sudah menggondol sertifikat guru mampu menunjukkan kemampuan kerja yang lebih baik lagi, dan dapat diteladani ? Dan terlebih lagi bagi yang belum memperoleh kesempatan mengikuti sertifikasi guru dapat lebih bergairah menata kerjanya lebih indah dan lebih bermakna. Agar semua peserta didik memperoleh kesempatan belajar yang paling bermutu dari guru yang bermutu.

Tentunya semua berpulang kepada  kemampuan mengokohkan: Kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial; sebagaimana tertuang dalam PP nomor 19 tahun 2005 secara bersama-sama dalam wadah yang kuat dengan didukung orang/manusia yang punya tanggung-jawab moral yang tinggi. Dan perjuangan ini memerlukan kesungguhan dan kejujuran dari semua pihak yang terlibat didalamnya. Berpenghasilan yang sangat cukup bukanlah cita-cita akhir bagi guru, sebab yang menjadi harapan guru adalah mampu mengamalkan ilmu dan ketrampilan untuk meningkatkan mutu dan proses belajar mengajar yang bermanfaat bagi kepentingan pendidikan. 

Dalam MGMP, pembenahan manajemen perlu dioptimalkan dan program harus padu/padan dengan kebutuhan guru, transformasi (perubahan) yang lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran serta peran serta Pemerintah Daerah secara kelembagaan perlu terus diperuncing; sehingga semua guru akan mendapat perhatian yang baik dan angka kredit yang terhimpun untuk kenaikan pangkat/jabatan berikutnya akan lebih mulus dan pada waktunya semua aktivitas guru dilapangan akan disetarakan dengan perolehan SKS bagi mata kuliah tertentu di perguruan tinggi. Yang pada waktunya guru punya kemampuan melakukan penelitian dan pengembangan bagi kemajuan pendidikan yang bermutu.

4 Balasan ke GURU BERMUTU BERSAMA MGMP

  1. budisan68 mengatakan:

    Dari mana ya saya harus komen? kalau memang ternyata semua yang ditulis ini memang bagus.
    Mudahan saja MGMP bukan sekedar :
    untuk mencairkan dana dari LPMP
    kesempatan meninggalkan kelas
    untuk membuat RPP
    Makan Guring Mandi Peleseran

  2. budi mengatakan:

    Bagaimana pak tentang kegiatan pembentukan Tim Pengembang Kurikulum tingkat Kabupaten? Katanya tanggal 10 Desember nanti akan ada kegiatan tentang KTSP. Agar kegiatan mengarah pada tujuan yg ingin dicapai, saya mengusulkan:
    1. Banyak pegawai dari dinas yg hadir. juga para pengawas SD, SMP, SMA
    2. Banyak Kepala Sekolah yg diundang.dan
    3. Guru/tim pengembang kurikulum tingkat sekolah
    Selama ini kegiatan KTSP hanya diiukti guru-guru, tanpa melibatkan No. 1 dan no. 2. Setelah sampai di sekolah hasil yang didapat “mandeg”, karena Kepala Sekolah memiliki informasi yg lebih sedikit mengenai KTSP. Belum lagi masih banyak Kepala Sekolah yang berpola top down, menunggu instruksi dari dinas untuk disuruh membuat KTSP.

  3. BERNARD SALASSA mengatakan:

    Perlu kita pikirkan bersama suatu wadah yang aktip, tetapi tidak menunggu dana yang mencair ?
    Kapan boleh bertandang kesana?

  4. budi mengatakan:

    kalau tidak ada kegiatan yang lebih penting setisap hari sabtu kami (saya dan beberapa guru smp 1 ampah) bersama-sama belajar tentang internet dan blog, ya anggap saja MGMP ilegal
    siapa mau ikut?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: